Cegah Penyakit dan Tetap Sehat di Musim Penghujan

Cegah Penyakit dan Tetap Sehat di Musim Penghujan


Home Living


Musim hujan di Indonesia biasanya terjadi pada beberapa bulan sebelum tahun berganti, dimulai dari sekitar bulan September dan berakhir di bulan April tahun berikutnya. Moms pasti sudah tahu kan, apa yang sering terjadi di musim penghujan?

Penyakit yang Terjadi di Musim Hujan dan Cara Mencegahnya

Musim penghujan bagai dua sisi mata uang yang saling bertolak belakang. Di satu sisi, curah hujan yang tinggi menjadi berkat bagi para petani sehingga tanaman hasil pertanian bisa tumbuh subur dan air menjadi berlimpah bagi penduduk yang tinggal di daerah kering. Di sisi lain, hujan yang sering terjadi bisa mendatangkan bencana dan sakit penyakit.

Berikut ini beberapa penyakit yang biasa terjadi di musim hujan dan cara mencegahnya:

1. Influenza

Kondisi perubahan cuaca dan suhu yang ekstrim mempengaruhi sistem imunitas tubuh serta menyebabkan semakin cepatnya pertumbuhan dan penyebaran virus dan bakteri. Penyakit flu diketahui disebabkan oleh virus flu yang semakin mudah menyebar di musim penghujan. Penyebarannya biasanya melalui udara dan air ludah. Bersin, batuk, bahkan berbicara pun bisa menyebarkan virus dari penderita ke orang yang sehat.

Maka, selain meningkatkan sistem imun dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan vitamin, istirahat yang cukup dan berolahraga, Moms juga perlu memastikan kebersihan lingkungan sekitar Moms, pasangan, dan anak-anak, untuk mencegah terjadinya penyebaran penyakit di dalam maupun di luar rumah.

Misalnya, dengan rutin membersihkan benda-benda yang sering disentuh dengan desinfektan atau antiseptik, seperti tisu basah antiseptik Paseo.

2. Diare

Bakteri penyebab diare, seperti E.Coli, tumbuh subur di musim penghujan dan bisa menular dengan cepat jika Moms tidak mewaspadainya. Biasanya penyakit ini sering menyerang anak-anak.

3. Leptospirosis

Penyakit yang satu ini menjadi meningkat jumlah penderitanya saat memasuki musim penghujan. Penyebabnya, bakteri Leptospira jadi lebih mudah menyebar melalui media perantara hewan, seperti tikus, anjing, bahkan kecoak, yang telah terinfeksi bakteri ini.

Dari data WHO yang dimuat dalam Flooding and communicable diseases fact sheet, musim hujan yang identik dengan banjir pada beberapa daerah di Indonesia, juga membuat banyak orang mudah tertular penyakit ini.

Maka, penting sekali untuk menjaga kebersihan rumah dan tubuh seluruh anggota keluarga. Untuk benda-benda yang sering disentuh, perangkat makan dan minum, bahkan untuk meja dapur, alangkah baiknya selain dibersihkan dengan cairan dan peralatan bersih-bersih, juga bisa ditambahkan penggunaan tisu antiseptik.

Lalu, langkah apa lagi yang perlu Moms lakukan untuk menjaga keluarga tetap sehat di musim penghujan?


Tips Keluarga Sehat di Musim Penghujan

Semua Moms di muka bumi ini pasti menginginkan anggota keluarga sehat semua kan di segala musim kan, ya? Khusus menghadapi musim penghujan tahun ini, berikut beberapa tips keluarga sehat di musim penghujan yang bisa Moms terapkan.

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Agar keluarga sehat di segala musim dan bisa terhindar dari berbagai penyakit, penting sekali untuk meningkatkan daya tahan tubuh atau sistem imun yang kuat.

Cara meningkatkan daya tahan tubuh bisa dengan mengkonsumsi lebih banyak sayur dan buah. Dua jenis makanan ini mengandung banyak vitamin dan mineral yang bisa memperkuat sistem imunitas tubuh sehingga mampu melawan virus dan bakteri penyakit yang datang.

Cara lain, terapkan pola hidup sehat dengan cukup istirahat, rajin berolahraga minimal 30 menit setiap hari, menghindari stres, dan sebagainya.

2. Mengkonsumsi Vitamin C

Tips agar keluarga sehat berikutnya, Moms bisa menambah konsumsi vitamin C untuk seluruh anggota keluarga, terutama anak-anak. Vitamin C dipercaya sangat ampuh dalam meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah tubuh terserang virus maupun bakteri penyebab penyakit.

Untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin C, selain melalui suplemen yang bisa dibeli di apotik, Moms juga bisa lho menyajikan menu makanan dengan kandungan vitamin C tinggi, seperti bawang putih, ceri, kiwi, berbagai sayuran hijau, jeruk, dan sebagainya.

3. Menjaga Kebersihan

Menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal sudah pastilah selalu Moms lakukan setiap hari, kan? Jangan lupa untuk menutup tempat penampungan air untuk mencegah nyamuk penyebab DBD, lalu sering-sering buka jendela dan pintu agar sirkulasi udara di rumah tetap terjaga dengan baik.

Sementara untuk menjaga kebersihan diri, Moms bisa menambahkan ketersediaan tisu basah antiseptik untuk di rumah atau dibawa ketika bepergian, seperti tisu Paseo.

Kenapa tisu Paseo? Paseo Antibacterial Wipes adalah tisu basah anti bakteri dengan formula non alkohol yang tidak hanya untuk menghilangkan kotoran dan keringat dari kulit saja, tetapi juga dapat menjaga dan melindungi kelembaban kulit, kulit terhindar dari iritasi, serta dapat melindungi kulit dari kuman dan bakteri.

Kandungan phenoxyethanol pada tisu Paseo bersifat bactericide dan berfungsi sebagai desinfektan, antiseptik, serta Polyhexamethylene Biguanide Chloride (PHBM). Oleh karena itu, tisu Paseo teruji klinis sebagai tisu basah antiseptik yang mampu membunuh bakteri, virus, dan jamur.

Dengan harga tisu Paseo yang sangat terjangkau, tak ada salahnya Moms selalu menyediakan tisu basah ini di rumah, di mobil, juga di dalam tas agar saat dibutuhkan bisa segera digunakan.

Semoga tips keluarga sehat di musim penghujan ini bisa memberi sedikit inspirasi bagi Moms dan kita semua terhindari dari sakit penyakit. Tetap sehat, tetap semangat ya, Moms.