Jangan Asal Membersihkan Wajah! Begini Cara Membersihkan Wajah Bebas Bakteri

Jangan Asal Membersihkan Wajah! Begini Cara Membersihkan Wajah Bebas Bakteri


Beauty


Merawat, menjaga, dan memastikan kebutuhan keluarga terpenuhi dengan baik pastilah menjadi prioritas utama bagi para Moms. Moms pasti menyetujui pernyataan ini, kan? Tapi ada hal lain lho, Moms, yang juga perlu masuk dalam daftar prioritas sehari-hari, yaitu merawat kesehatan dan kecantikan kulit wajah. Cara terbaik untuk mendapatkannya adalah rutin membersihkan wajah. Dalam artikel kali ini, Moms bisa mencari tahu cara membersihkan wajah secara alami agar cantik seharian.

 

Tips Membersihkan Wajah agar Cantik Seharian

1. Cuci Tangan Sebelum Membersihkan Wajah

Tangan bisa jadi sumber penyakit. Pernah mendengar hal ini, Moms? Tangan adalah bagian tubuh yang paling sering bersentuhan dengan berbagai benda, mulai dari lembaran uang kertas yang berpindah dari satu tangan ke tangan lain, meja, alat tulis, smartphone, dan sebagainya. Itulah sebabnya, kebersihan tangan penting untuk diperhatikan.

Menurut data dan hasil penelitian yang dilakukan pusat pengendalian dan pencegahan penyakit (CDC) di Amerika Serikat, ditemukan bahwa lebih dari 80 persen penyakit ditularkan melalui tangan. Bahkan pada penelitian lain ditemukan bahwa setiap 1 cm persegi kulit tangan terdapat 1.500 jenis bakteri yang bisa saja bersembunyi di lipatan kulit, di bawah kuku, di sela-sela jari.

Agar kotoran, kuman, atau bakteri tidak berpindah ke kulit wajah, maka hal pertama yang perlu Moms lakukan adalah mencuci tangan dulu sebelum membersihkan wajah. Ini masalah sepele yang ternyata banyak terlupakan oleh para Moms.

Banyak Moms beranggapan tangan yang kena sabun pencuci muka bisa secara otomatis bebas kuman. Padahal tanpa disengaja, kotoran, kuman, atau bakteri di tangan akan bercampur dengan sabun, kemudian berpindah ke wajah, yang nanti malah membuat kulit wajah jadi tidak sehat dan kurang bersih.

Agar tangan semakin bersih, maka cucilah tangan dengan air mengalir dan sabun yang mengandung antiseptik selama 40-60 detik. Kemudian, Moms bisa menggunakan antibacterial wipes atau tisu basah antiseptik, seperti antibacterial wipes Paseo. Tisu ini aman digunakan untuk penggunaan sehari-hari seperti membersihkan tangan agar terbebas dari kuman dan bakteri. Kandungan ekstrak aloe vera pada produk ini dapat membantu menjaga kelembaban dan kelembutan kulit, juga menggunakan formula bebas alkohol yang bisa melindungi kulit dari iritasi. Selain itu, ada citric acid yang dapat mengatur pH, dan PHBM yang berfungsi sebagai desinfektan dan antiseptik yang mampu membunuh bakteri, virus dan jamur. 

2. Bersihkan Make-up

Membersihkan wajah dari make-up atau produk perawatan kulit lainnya penting dilakukan secara rutin dan setiap hari. Bahkan bagi Moms yang lebih banyak berkegiatan di rumah dan hanya menggunakan pelembab dan bedak tipis pun tetap perlu membersihkan wajah. Gunakan produk pembersih wajah yang sesuai dengan kondisi kulit.

3. Mencuci Wajah dengan Sabun

Ada banyak pilihan sabun pencuci wajah yang bisa Moms pilih dan sesuaikan dengan kondisi kulit wajah. Sebelum menggunakan sabun, basahi wajah dengan air hangat. Penggunaan air hangat bagus untuk membuat pori-pori terbuka sehingga sabun yang kemudian digunakan bisa secara optimal membersihkan wajah dari kotoran, debu, bahkan kuman.

Setelahnya, bilas wajah dengan air bersih dan jangan sampai ada sabun yang tertinggal. Pada proses pembilasan, bagus untuk menggunakan air dingin. Tujuannya, agar pori-pori wajah yang tadi terbuka akan kembali tertutup ketika terkena air dingin.

4. Keringkan Wajah dengan Handuk atau Tisu

Tahap selanjutnya yang tentu tak boleh Moms lewatkan adalah mengeringkan wajah yang telah dibersihkan, bisa menggunakan tisu wajah.

Khusus untuk penggunaan tisu wajah, gunakan tisu yang berbahan lembut dan tidak mengandung bahan kimia berbahaya ataupun pemutih. Pilihan produk tisu wajah yang bagus untuk Moms bisa menggunakan tisu wajah Paseo.

Tisu wajah Paseo berserat lembut, kuat dan menyerap air secara perlahan, dan tidak mudah sobek saat menempel di wajah yang basah. Tisu Paseo ini juga merupakan tisu yang higienis dan halal, berbahan alami karena terbuat dari pohon asli yang berasal dari hutan industri yang dikonservasi.

5. Perawatan Lanjutan untuk Menjaga Kesehatan Kulit Wajah

Tahap terakhir dari rangkaian menjaga dan merawat kesehatan dan kecantikan kulit wajah adalah dengan menggunakan produk perawatan kulit wajah, misalnya menggunakan produk perawatan khusus malam hari. Wajah yang telah dibersihkan dan menggunakan produk yang menjaga kelembaban kulit wajah akan membuat Moms bangun dengan wajah segar dan cantik esok hari.