Mengenal Tisu Virgin dan Tisu Daur Ulang

Mengenal Tisu Virgin dan Tisu Daur Ulang


Home Living


Dalam satu hari, berapa banyak tisu yang biasanya Moms gunakan? Dan tisu apa saja yang paling sering Moms gunakan?

Betul sekali, tisu adalah produk yang sangat dekat dengan keseharian kita. Untuk membersihkan wajah, tumpahan air, mengeringkan tangan, dan sebagainya, kita pasti mencari tisu. Tapi tahukah Moms bahwa tisu itu ada beberapa jenis dengan fungsinya masing-masing lho.


Beberapa Jenis Tisu dan Kegunaannya

 

1. Tisu Wajah

Tisu wajah adalah jenis tisu yang paling sering Moms temukan. Kemasannya biasanya berbentuk persegi panjang dan bertekstur sangat lembut dan halus karena tujuan dari kehadiran produk ini adalah untuk sering bersentuhan secara langsung dengan bagian tubuh. Sesuai namanya, tisu wajah berguna untuk membersihkan wajah, mulut, dan bagian tubuh lainnya dari kotoran dan keringat. Sayangnya dalam keseharian, tisu ini juga digunakan untuk membersihkan apa pun selain wajah. 

2. Tisu Basah

Sesuai namanya, tisu jenis ini memang bertekstur lebih tebal, agak berserat dan basah karena menyimpan air. Variannya pun ada yang mengandung parfum sehingga berbau harum dan ada yang tidak. Harganya sedikit lebih mahal dibandingkan jenis tisu lainnya karena kegunaannya yang dapat menjadi pengganti air ketika Moms sedang dalam kondisi tidak menemukan air. Fungsi dari tisu ini bisa digunakan untuk membersihkan bagian tubuh bayi saat mengganti popok, membersihkan tubuh dari keringat dan kotoran, serta dapat pula digunakan untuk membersihkan benda dari kotoran.

3. Tisu Masak (Cooking Towel)

Tisu masak atau cooking towel adalah jenis tisu yang memiliki tekstur kuat, berdaya serap tinggi, bahkan memiliki kekuatan 2 kali lebih cepat dalam menyerap minyak dan air. Oleh sebab itu, tisu ini juga lebih dikenal sebagai tisu gorengan.

Beberapa kegunaan dari tisu masak ini, antara lain mampu menyerap minyak berlebih, aman bersentuhan dengan makanan dan halal sehingga cocok untuk digunakan sebagai pengganti koran dan kertas untuk alas gorengan.

Selain itu, juga berfungsi untuk membersihkan dapur dari tumpahan noda dan cipratan minyak di kompor dan oven, membersihkan peralatan makan dan area dapur, menyerap cairan yang tumpah, bahkan bisa untuk mengeringkan sisa air.

4. Tisu Toilet

Tisu toilet kebanyakan berbentuk gulungan karena akan diletakkan di gantungan yang ada di toilet. Tekstur tisunya lembut dan bersifat flushable karena mudah hancur apabila terkena cairan sehingga tidak membuat toilet tersumbat. Fungsinya, sebagai kertas pembersih dan untuk mengeringkan bagian tubuh yang terkena air setelah buang air kecil atau besar. Tisu jenis ini tidak cocok untuk membersihkan wajah.

5. Tisu Makan (Tisu Napkin)

Jenis tisu yang satu ini sering kita lihat ada di meja makan, dan berguna untuk membersihkan mulut dari sisa makanan atau untuk membungkus peralatan makan. Tersedia dalam beragam warna dan motif agar terlihat indah ketika diletakkan di meja makan.

Selain 5 jenis tisu yang sudah Moms tahu di atas, sebenarnya tisu masih bisa dibedakan berdasarkan proses pembuatannya, yaitu tisu virgin dan tisu daur ulang. Nah, apa sih perbedaan antara tisu virgin dan tisu daur ulang ini?


Perbedaan Tisu Virgin dan Tisu Recycle

 

1. Tisu Virgin

Apa yang dimaksud dengan tisu virgin? Tisu virgin dikenal juga sebagai tisu alami karena dibuat dari pohon asli yang berasal dari hutan industri yang dikonversi. Jadi, bahan baku untuk pembuatan tisu virgin benar-benar alami dari pohon.

Dalam produksinya, tisu virgin tidak selalu menyebabkan kerusakan hutan lho, Moms. Pohon untuk membuat tisu virgin berasal dari hutan yang memang sengaja ditanami pepohonan sampai pohon sudah bisa dimanfaatkan untuk industri barulah digunakan. Proses penanaman pohon baru pun terus dilakukan. Hal ini dibuktikan hutan industri biasanya sudah memiliki sertifikat v-legal atau yang dikenal juga dengan Indonesia Legal Wood.

Dari bahan alami pohon asli tadi, kemudian proses pembuatan tisu virgin dilakukan di pabrik yang ramah lingkungan dan bersertifikat ISO 9001, 14001, 22000, dan sudah terjamin halal. Dengan kata lain, kualitas dan higienis produk tisu virgin sudah teruji dan aman untuk digunakan sehari-hari.

2. Tisu Recycle

Pernahkah Moms mendengar tentang tisu recycle? Tisu recycle adalah tisu yang dibuat dari kertas bekas, yang sumber bahan kertas bekasnya pun tidak jelas sehingga kualitas kebersihannya sangat diragukan.

 

Prosesnya kurang lebih begini:

  • Kertas dikumpulkan dari berbagai sumber, bisa dari sampah rumah tangga, dari industri, dan sebagainya, hingga banyak hingga tidak terjamin dari mana sumbernya
  • Bahan kertas untuk membuat tisu recycle ini kemudian masuk dalam proses pabrikasi yang biasanya belum tentu memiliki sertifikat dan standar kualitas yang seharusnya ada pada suatu produk.
  • Dalam proses daur ulang kertas menjadi tisu dibutuhkan proses menggunakan bahan kimia, termasuk menggunakan bahan kimia berbahaya, seperti penggunaan bahan kimia klorin dan turunnya.

Padahal menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), bahan kimia tersebut berbahaya bagi kesehatan lho, Moms. Jika bahan kimia tersebut bersentuhan dengan kita, dalam jangka pendek bisa menyebabkan lesi kulit dan gangguan fungsi hati. Sementara pemakaian jangka panjang bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan, mulai dari gangguan sistem reproduksi, sistem kekebalan tubuh, bahkan sistem saraf.

Bahan berbahaya lain yang biasanya juga ditemukan pada tisu daur ulang, antara lain berbagai logam berat dan Bisphenol-A (BPA), kedua bahan ini sama seperti klorin dan turunnya, bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan.


Setelah mengetahui perbedaan antara tisu virgin dan tisu daur ulang, Moms bisa lebih selektif lagi dalam memilih produk tisu dan pastikan tisu yang digunakan sehari-hari adalah tisu virgin